Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Prihatin Ada Caleg Gagal yang Jual Ginjal

Kompas.com - 14/05/2014, 14:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan, Rabu (14/5/2014) pagi menerima seorang calon anggota legislatif pada Pemilu 2014 yang gagal menduduki kursi DPRD Kabupaten Pekalongan sehingga terpaksa harus menjual ginjalnya.

"Tadi pagi saya menerima seorang tamu yang ingin menjual ginjalnya. Yang bersangkutan mengaku memiliki utang karena habis-habisan membiayai pencalonannya sebagai anggota legislatif," kata Dahlan di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu.

Menurut Dahlan, pria berusia 26 tahun tersebut memohon bantuan untuk mencarikan orang atau relasi yang membutuhkan organ tubuh itu.

"Saya miris mendengarnya. Saya sarankan tidak usah sampai menjual ginjal karena usianya masih muda, sehingga sangat memungkinkan mencari solusi lain," ujar Dahlan.

Dahlan pun menjelaskan, bahwa pria tersebut benar-benar serius tidak ingin merepotkan orang lain.

"Dia datang tidak untuk ngemis, minta uang, bayar utang. Tapi siapa yang serius bantu dia," ujar Dahlan tanpa merinci identitas tamunya.

Namun sesaat setelah Dahlan meninggalkan kantor Kementerian BUMN, sosok yang dimaksudkan Dahlan muncul di tengah awak media.

Pria yang kemudian diketahui bernama Candra Saputra berusia 26 tahun tersebut mengaku terpaksa datang dari kampung halamannya dan menginap di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat.

Candra kelahiran Cepu tersebut, mengatakan terpaksa ingin menjual ginjalnya karena memiliki utang sekitar Rp 420 juta untuk memenangkan pertarungan kursi DPRD Kabupaten Pekalongan.

Total dana dihabiskan sekitar Rp 600 juta, sebanyak Rp 420 juta di antaranya merupakan utang.

"Saya mendatangai Pak Dahlan, karena saya tahu beliau sudah ganti hati. Jadi saya berharap Pak Dahlan bisa mencarikan orang yang ingin membeli ginjal saya," ujar Candra.

Candra mengaku kesehariannya merupakan asisten anggota DPR-RI Komisi V.

Namun belakangan ia sadar bahwa dirinya terprovokasi untuk ikut menjadi caleg dari rekan-rekannya.

"Sekarang saya hanya mencari cara bagaimana agar tidak terjerat hukum, karena tidak membayar utang. Saya menggadaikan 3 unit mobil rental sebesar Rp 80 juta untuk keperluan kampanye dan tim sukses saya," ujarnya dengan wajah memelas.

Ia pun berharap pertemuannya dengan Dahlan tersebut mendapatkan solusi agar dirinya bisa lepas dari jerat hukum, dan kemudian mencari pekerjaan untuk melunasi utang yang tersisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com