Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Senang Program "Lapor" Efektif

Kompas.com - 13/05/2014, 18:33 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil tampak sumringah ketika ditanya soal program layanan aspirasi dan pengaduan masyarakat Kota Bandung berbasis online melalui program "Lapor". Pria yang akrab disapa Emil ini menyatakan, program tersebut terbilang efektif dengan tingkat penyelesaian masalah mencapai 88 persen sejak diluncurkan Oktober 2013 lalu.

"Dari 3.700 komplain sejak pertama kali di-launching sampai 5 Mei 2014, yang sudah terselesaikan masalahnya sebanyak 3.200, jadi tingkat responsifnya 88 persen itu sangat membanggakan," kata Emil di Jalan Lombok, Kota Bandung, Selasa (13/5/2014).

Lebih lanjut Emil menambahkan, penyelesaian satu komplain masyarakat rata-rata memakan waktu satu minggu.

"Artinya komplain warga dengan sistem lapor sangat efektif karena setiap komplain langsung didistribusikan rata-rata 3 - 2 hari. Jadi dari lapor sampai mengetahui benar masalahnya itu. Penyelesaian kasus 5 - 6 hari, artinya masalah selesai rata-rata seminggu," tuturnya.

Untuk masalah yang sering dikomplain masyarakat, lanjutnya, kebanyakan terkait infrastruktur jalan dan masalah-masalah kebinamargaan. Ke depan, Emil berharap setiap masalah yang dilaporkan oleh warga Kota Bandung bisa lebih dipercepat penyelesaiannya oleh dinas-dinas yang bersangkutan.

"Saya tadi semangati agar lebih bagus. Yang bagus itu verifikasi satu hari, penyelesaian masalah 3 hari," terangnya.

Emil pun mengimbau kepada warga Kota Bandung agar tidak ragu melaporkan pembangunan atau pelayanan publik yang tidak beres melalui pesan singkat elektronik dengan format BDG isi aduan ke nomor 1708 atau bisa juga melalui website ke alamat www.lapor.ukp.go.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com