Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akurasi Kunci Jawaban UN yang Bocor Capai 80 Persen

Kompas.com - 07/05/2014, 14:42 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Kota Kediri, Jawa Timur, masih terus melakukan pengusutan terkait beredarnya kunci jawaban ujian nasional di sebuah SMP di Kota Kediri, Jawa Timur. Dari pemeriksaan diketahui bahwa akurasi ketepatan kunci jawaban yang ditemukan beredar, Selasa (6/5/2014) pagi, atau sesaat sebelum ujian berlangsung tersebut mencapai 80 persen.

Kapolres Kediri Kota Ajun Komisaris Budhi Herdi Susianto, mengatakan, persentase itu diketahui setelah pihaknya meminta beberapa guru mencocokkan kunci jawaban.

“Akurasinya tidak sampai 100 persen, hanya sekitar 80 persen,” katanya, Rabu (7/5/2014).

Sementara itu, lanjut Budhi, untuk mengusutnya, dia menambahkan, sudah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pihak terkait perkara ini, yaitu seorang karyawan jasa fotokopi, satpam sekolah, serta guru sekolah.

“Kalau untuk para pelajarnya baru sebatas interogasi. Kita gak ingin mengganggu psikologi mereka karena ujian berlangsung,” tambah Budhi.

Sebelumnya diberitakan, tiga pelajar SMP ditangkap polisi karena menggandakan kunci jawaban soal Matematika di sebuah jasa fotokopi yag terletak tidak jauh dari sekolah. Dari ketiga siswa itu, polisi mengamankan tiga lembar kunci jawaban, yang setiap lembarnya terdiri dari 20 paket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com