Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Pamekasan, 12 Soal UN Bahasa Indonesia Kosong

Kompas.com - 05/05/2014, 15:34 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


PAMEKASAN, KOMPAS.com - Hari pertama pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMP di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, ditemukan adanya kekosongan lembar soal untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Di lembar soal pertama, ada 12 soal yang kosong. Soal yang ada langsung kepada nomor 13 dan seterusnya. Temuan itu terjadi di SMPN 1 Pamekasan saat Bupati Pamekasan bersama forum pimpinan daerah melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah sekolah penyelenggara UN.

Temuan itu sempat membuat siswa kebingungan untuk mengerjakan soal-soal. Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan langsung memerintahkan agar siswa yang mendapatkan soal tidak lengkap, agar tetap mengerjakan soal-soal yang ada.

"Itu bisa kita atasi dengan fotokopi soal milik siswa lainnya," kata Muhammad Tarsun, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Pamekasan.

Tarsun menambahkan, kekosongan 12 soal tersebut sementara hanya terjadi pada 4 siswa saja. Sebab di sekolah yang lain masih belum ada laporan.

Namun dia mengimbau kepada seluruh lembaga pendidikan yang mengalami hal sama agar menyelesaikannya dengan cara fotokopi soal.

Selain kekosongan 12 soal, ada pula siswa yang mendapat soal ujian tanpa nomor 13. Hal itu terjadi di sebagian besar sekolah. Tarsun sendiri belum memastikan berapa jumlah soal yang nomor urut 13 tidak ada. Jika hal itu terjadi di semua sekolah, berarti itu merupakan keuntungan bagi siswa sendiri.

Tidak adanya soal-soal tersebut, kata Tarsun, sudah dilaporkan kepada Dinas Pendidikan Jawa Timur. Dipastikan kejadian tersebut murni karena kesalahan percetakan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com