Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UN SMP Nomor 13 Juga Hilang di Banyuwangi

Kompas.com - 05/05/2014, 12:43 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Hari pertama pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP di Banyuwangi dinilai bermasalah karena soal nomer 13 hilang dari lembar soal. Pada naskah ujian nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 2 Banyuwangi, soal nomor urut 12 langsung diikuti oleh nomor urut 14. Hal itu sempat membuat siswa panik.

"Saat ngerjakan tadi nomer 13-nya hilang, enggak ada di lembar soal. Dari nomer 12 langsung ke nomer 14. Sempat khawatir nantir mempengaruhi nilai ujian," kata Desy Setiawan, Senin (5/5/2014).

Di Banyuwangi, ada 22 ribu lebih siswa yang terdaftar sebagai peserta ujian nasional tingkat SMP dan Mts di Banyuwangi. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi, Dwi Yanto, membenarkan adanya persoalan hilangnya nomor 13 tersebut.

"Memang salah cetak. Mengacu dari prosedur operasi standar ada ralat dari Provinsi. Jadi siswa cukup mengosongi jawaban untuk nomer 13. Jadi dari nomer 12 siswa bisa langsung ke nomer 14. Untuk kekhawatiran siswa nantinya mempengaruhi nilai ujian, nanti akan dibuatkan berita acara terkait soal nomer 13 yang enggak ada," tambahnya.

Sementara itu, di Surabaya juga terjadi hal yang sama. Nomor 13 di lembar soal UN SMP di Surabaya juga hilang. Seperti dikutip dari Surya, soal nomor tersebut hilang karena dihapus. pasalnya, soal tersebut memuat nama Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com