Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar Isu soal HUT RMS, Warga Diminta Tak Terprovokasi

Kompas.com - 25/04/2014, 08:27 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Warga Maluku khususnya Kota Ambon diminta tidak terprovokasi berbagai isu menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Maluku Selatan, Jumat (25/4/2014).

“Warga di Maluku dan Kota Ambon jangan sampai terpancing dengan isu-isu yang ada, itu hanya provokasi dari orang-orang tidak bertanggungjawab yang ingin mengacaukan situasi di Ambon,” ungkap Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Eko Wiratmoko, saat dihubungi, Kamis (24/4/2014).

Menurut Eko, saat ini kondisi Kota Ambon sangat aman dan kondusif. Selain itu ujar dia, tingkat kesadaran dan ketahanan warga pun sudah sangat baik dalam merespons berbagai upaya provokasi dari pihak-pihak yang tidak menginginkan kedamaian di Ambon.

Meski demikian, Eko tetap meminta  warga mewaspadai isu-isu yang berhembus. Dia pun menambahkan bahwa sekarang kekuatan RMS di Maluku sudah sangat kecil, bahkan hampir tidak ada.

Karenanya, Eko berharap warga tak lagi mau dibodohi apalagi diadudomba. “Semua sudah sangat membaik jadi jangan lagi sampai terulang apa yang pernah dialami di masa lalu, makanya jangan mau terprovokasi."

Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Bintang Juliana, mengatakan ada pihak yang ditengarai sengaja mengembuskan isu provokatif lewat selebaran di masyarakat. Meski demikian dia tidak merinci apa isi selebaran maupun lokasi penyebaran selebaran itu.

“Ada selebaran dan isu-isu yang sengaja diembuskan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, karena itu kami minta warga waspada dan tidak mudah terpancing. Mari kita cegah isu itu secara bersama-sama,” ajak Bintang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com