Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kalau Memang Tertimbun Longsor, Berharap Jasad Anak Saya Segera Ketemu"

Kompas.com - 22/04/2014, 16:28 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Keluarga dari dua korban tertimbun longsor di Kabupaten Malang, Jawa Timur, berharap jasad kedua korban bisa segera ditemukan walau medannya sulit dan pencarian dihentikan sementara akibat hujan deras.

"Keluarga berharap, jasadnya segera bisa ditemukan, jika memang betul-betul tertimbun reruntuhan longsor," kata Sampur, ayah dari Prayudi, salah satu korban tewas, di lokasi longsor, Selasa (22/4/2014).

Menurut Sampur, anaknya, Prayudi, sedang mencari rumput gajah di bawah tebing di lokasi longsor tersebut.

"Dia mencari rumput untuk pakan sapinya. Karena besok harinya akan bantu-bantu tetangga yang punya hajatan. Ternyata dia tak kembali dan diketahui meninggal tertimbun longsor itu," katanya.

Prayudi, meninggalkan seorang istri dan anak perempuan yang masih berusia 4 tahun. Ketika ditanya apakah ada firasat sebelumnya, Sampur mengaku tidak ada.

"Tidak ada firasat apa-apa. Ke istrinya juga tak ada. Keluarga sudah mulai pasrah kepergian Prayudi. Tapi, semoga jasadnya bisa ditemukan," harapnya.

Keluarga dan warga sekitar serta pihak kepolisian setempat meyakini kedua korban tertimbun longsor karena menurut keterangan dua saksi mata, yakni Suwadi, Yasto dan Agus, kedua korban meminjam sabit sebelum mencari rumput ke lokasi longsor.

"Kedua korban itu sempat meminjam sabit kepada Suwadi dan Yasto, sebelum ke lokasi longsor. Katanya akan mencari rumput. Biasanya dua atau tiga jam korban sudah pulang. Ternyata, hingga malam hari keduanya belum juga pulang ke rumah," tuturnya.

"Di sekitar longsor warga menemukan bentelan rumput milik kedua korban. Dan sepeda motornya tak jauh dari lokasi longsor. Kita yakin keduanya memang tertimbun longsor," tambahnya kemudian.

Sebelumnya diberitakan, longsor terjadi 21 April lalu sekitar pukul 15.30 WIB di kawasan hutan perhutani Bambang Selatan, Dusun Pandanrejo, Desa Bambang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Akibat longsor tersebut, diduga ada dua orang meninggal dunia atas nama Yajid (35), warga Dusun Krajan RT 24 RW 08 Desa Bambang Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.

Korban kedua adalah Prayudi (28), warga dusun Pandanrejo RT 34 RW 11 Desa Bambang Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Kronologis kejadian, pada hari Minggu (20/4/2014), pukul 09.00 WIB, korban berangkat ke hutan mencari rumput untuk pakan ternaknya. Hingga Senin (21/4/2014) pagi, kedua korban belum kembali ke rumah. Sejak Selasa (22/4/2014) siang pencarian dihentikan sementara, karena hujan deras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com