Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Jawaban UN Beredar di Ponsel Siswa SMK Garut

Kompas.com - 14/04/2014, 15:53 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


GARUT, KOMPAS.com - Kunci jawaban Ujian Nasional (UN) beredar di beberapa telepon selular siswa SMK Negeri 1 Garut, Senin (14/4/2014). Hal itu hasil temuan pihak sekolah saat merazia telepon selular para peserta UN di sekolah tersebut.

Sebelumnya, guru dan pengawas menyita telepon selular seluruh siswa yang akan mengikuti UN di hari pertama. Setelah diperiksa, beberapa telepon genggam siswa terdapat kunci jawaban UN melalui pesan singkat (SMS).

"Kami menemukan kunci jawaban UN di beberapa Hp siswa di SMS-nya. Saya pikir ini kunci jawaban yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," terang Kepala SMK Negeri 1 Garut, Dadang Johar kepada wartawan, Senin pagi.

Menurut Dadang, dengan adanya temuan ini, pihaknya langsung meminta seluruh peserta UN di sekolahnya untuk tidak mempercayai kunci jawaban UN yang beredar melalui pesan singkat. Ia pun meminta seluruh siswanya untuk tetap percaya diri mengerjakan seluruh soal UN.

"Saya pikir ini ada orang iseng yang mengirimkan kunci jawaban ke siswa di sini. Soalnya kunci jawaban ini belum tentu kebenarannya. Jadi saya langsung umumkan ke seluruh peserta ujian sebanyak 560 orang untuk tak terpengaruh adanya kunci jawaban yang beredar," kata Dadang.

Dadang menilai, dengan temuan edaran kunci jawaban UN ini, ia mencurigai adanya pihak yang senjaga menginginkan siswanya tidak lulus UN.

"Bisa juga kan ada yang tidak suka supaya sekolah ini mendapatkan nilai jelek. Jadi siswa diberikan kunci jawaban yang tak jelas," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com