Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo: Swiss dan Kanada Tertarik Penanganan Erupsi Kelud

Kompas.com - 14/04/2014, 15:31 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah negara Swiss dan Kanada menyatakan tertarik pada penanganan Bencana Erupsi Gunung Kelud di Jawa Timur. Kedua negara tersebut mengundang Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, untuk presentasi terkait penanganan bencana gunung api di perbatasan Kabupaten Kediri-Blitar tersebut.

"Kedua negara tersebut meminta saya presentasi soal penanganan bencana Kelud, mereka tertarik karena bencana mampu tertangani dengan waktu singkat," kata Soekarwo saat menggela inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan Ujian Nasional di SMK 8 Surabaya, Senin (14/4/2014).

Melalui masing-masing kedutaan besar negara tersebut, kata Soekarwo, kinerja Pemprov Jawa Timur diapresiasi karena pemulihan pasca-erupsi ditarget tidak sampai waktu sebulan.

"Padahal yang ditangani pengungsi di atas 12.000, sedangkan kerusakan rumah mencapai 14.000," ujarnya.

Menurut dia, kedua negara tersebut juga menanyakan apa benar biaya penanganan ditanggung 100 persen oleh Pemprov Jatim, sementara pemerintah pusat dalam hal ini hanya sebagai pemantau saja.

Soekarwo mengaku telah menyampaikan model penanganan tersebut apa adanya. Menurutnya, Pemprov Jatim mampu menyinergikan antara TNI dan Polri menjadi satu bagian dalam penanganan dan dikendalikan langsung oleh Gubernur.

"Sinergi seperti itu jarang terjadi, antara TNI dan Polri serta Gubernur bergabung menjadi satu untuk ikut serta dalam penanganan erupsi Gunung Kelud," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com