Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Terjang Rancaekek, Jalur Bandung-Tasik Macet

Kompas.com - 11/04/2014, 23:22 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Hujan deras yang terjadi di kawasan Jalan Raya Rancaekek menyebabkan banjir di kilometer 24,5, Jumat (11/4) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Akibatnya arus kendaraan yang melalui jalur ini macet. Kemacetan terjadi hingga pintu tol Cileunyi.

Puluhan kendaraan motor yang memaksa merangsek melalui area banjir ini terlihat mati mesin. Para Pengendara terpaksa mendorong kendaraanya untuk berhasil melintasi area banjir.

"Macet hingga pintu tol Cileunyi," ujar Rizki Nurzaman, warga Rancaekek yang hendak berangkat ke Bandung.

Rizki sudah memprediksi hujan lebat akan mengakibatkan banjir di titik langganan cileuncang ini. Hampir setiap hujan deras, maka air akan tumpah ruah ke jalan karena tak ada drainase yang memadai di jalur ini.

Kendaraan kecil dan pendek terpaksa menunggu berjam-jam agar air ini surut. Jika tidak, maka risiko mati mesin bisa memperparah keadaan. Kendaraan besar seperti bus dan truk terlihat memaksa melintasi jalur ini.

Jalur Bandung-Garut dialihkan

Banjir yang terjadi di kawasan Rancaekek membuat kemacetan yang cukup panjang. Rendaman air di Jalan Bandung-Garut tepatnya di depan PT Kahatex mengakibatkan kemacetan. Kendaraan yang menuju arah Garut dialihkan melewati Jatinangor.

"Saya dari Cibiru sampai Cileunyi saja sudah 90 menit lebih. Padahal normalnya itu cuma 15 menit. Belum macet dari Cileunyi ke Majalaya," ujar Wisma salah seorang pengendara yang hendak ke Majalaya, Jumat (11/4/2014) sore.

Akibatnya tumpukan kendaraan terjadi di kawasan Jatinangor. Kendaraan yang akan menuju arah Garut dialihkan melalui Jatinangor melalui Tanjungsari dan keluar dari Parakanmuncang.

"Lewat Tanjungsari juga macet. Banyak kendaraan juga yang mogok. Kalau lewat ke Rancaekek sudah enggak mungkin. Soalnya ketinggian air sudah lebih dari setengah meter," katanya.

Pengendara putar balik

Sementara itu, hingga malam ini, banjir masih menggenangi kawasan Rancaekek. Sebagian pengendara dari Bandung menuju Tasikmalaya memutar balik kembali ke Bandung.

"Aku balik kanan, tak jadi (menuju Tasikmalaya)," kata Undang Sudrajat, salah seorang pengendara.

Undang yang bekerja di Bandung ini hendak pulang ke Tasikmalaya. Namun akibat banjir di Rancaekek, dia terpaksa kembali lagi ke Bandung.

"Sampai sekarang masih macet. Sekarang (malam ini), mobil arah Tasik diarahkan ke Jatinangor-Tanjungsari-Parakanumuncang," katanya.

Menurut Undang, banjir menyebabkan jalur dari Bandung-Tasik dan sebaliknya di kawasan Rancaekek macet total. Dari arah Tasik, kemacetan dimulai di Nagreg, sedangkan dari arah Bandung di pintu tol Cileunyi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com