Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di TPS Ini, Pemilih Bisa Saling Mengintip dan Bisik-bisik

Kompas.com - 09/04/2014, 16:38 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com
-- Ada-ada saja ulah para pemilih di tempat pemungutan suara (TPS), Rabu (9/4/2014). Meski memilih dalam bilik-bilik suara, para pemilih di TPS 11 Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ini bisa saling mengintip di bilik suara, diskusi, hingga saling memelototi surat suara pemilih lain. Hal ini disebabkan jarak bilik suara yang berdekatan.

Berdasarkan pemantauan Kompas.com, saat berada di bilik rahasia, para pemilih ini bebas berdiskusi dan bertukar pendapat dengan cara berbisik-bisik. Para pemilih ini bahkan bisa saling mengintip kertas suara pemilih lain tanpa ada petugas yang menegur apalagi menghentikan ulah mereka seperti yang dilakukan oleh tiga orang pemilih.

Dari arah belakang dan depan bilik suara tampak pula dua pria yang ikut meramaikan diskusi dan bisik-bisik di bilik suara. Tak jelas apa yang dibicarakan.

Anehnya, meski ada petugas polisi dan petugas hansip lalu-lalang di sekitar bilik, para pemilih ini tidak melayangkan teguran. Sejumlah warga sempat melontarkan kritik mengenai suasana di TPS yang tampak amburadul itu.

"Seharusnya petugas TPS tidak memperkenankan siapa pun selain pemilih berada di sekitar bilik suara karena bisa memengaruhi integritas pemilih di bilik suara," kata salah seorang pemilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com