Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Yahukimo: Pemungutan Suara di 37 Distrik Ditunda hingga 12 April

Kompas.com - 09/04/2014, 15:56 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com -
Akibat keterlambatan pendistribusian surat suara, pemungutan suara di 37 distrik di Kabupaten Yahukimo ditunda hingga 12 April mendatang. Anggota KPU Yahukimo, Dominggus Marey, mengatakan, keputusan itu diambil dalam rapat pleno KPU Yahukimo.

"Dari rapat pleno tersebut dihasilkan keputusan nomor 043/BA/PILEG/KPU-YHKM/IV/2014 yang memuat tentang keterlambatan pencoblosan untuk 37 distrik dari 51 distrik di Kabupaten Yahukimo dan akan dilaksanakan pada 12 April 2014," kata Marey, Rabu (9/4/2014).

Dia mengatakan penundaan pencoblosan dilakukan karena hingga saat ini belum semua distrik menerima logistik. Sementara itu, lanjutnya, untuk 14 distrik yang sudah mendapat logistik,  pemungutan suara sudah dilaksanakan sesuai jadwal pada hari ini.

"Masih 17 distrik di Kabupaten Yahukimo yang belum menerima logistik berupa surat suara," ucapnya.

Menurut Marey, logistik pemilu untuk Kabupaten Yahukimo dikirim dari dua lokasi, yakni dari Wamena dan Dekai.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Papua, Anugrah Patah, mengaku belum mendapat laporan tentang penundaan pelaksanaan pencoblosan.

"Kami belum menerima laporan tentang penundaan tersebut," kata Anugrah.

Pada pemberitaan sebelumnya, ada perbedaan jumlah distrik yang ditunda pelaksanaan pemungutan suaranya. Berdasarkan berita Logistik Belum Sampai, Pemungutan Suara di 35 Distrik di Papua Ditunda, pelaksanaan pemungutan suara di 35 distrik atau kecamatan di Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, tidak dapat dilakukan pada Rabu (9/4/2014).  Pasalnya, surat suara di daerah tersebut belum sampai di lokasi hingga Selasa (8/4/2014).

"Ada 35 distrik di Kabupaten Yahukimo tidak bisa dikirimkan logistiknya karena cuaca buruk. Pesawat sudah terbang ke sana, tetapi karena cuaca buruk jadi kembali lagi ke Ibu Kota Kabupaten Yahukimo," ujar Komisioner Hadar Nafis Gumay di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com