Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Suara Telat, Ribuan Warga Tual Belum Juga "Nyoblos"

Kompas.com - 09/04/2014, 13:29 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


TUAL, KOMPAS.com - Ribuan warga di Desa Taar, Kecamatan Dula Selatan, Tual, Maluku, belum bisa menggunakan hak pilihnya hingga pukul 14.00 Wit lantaran tidak tersedianya surat suara untuk 11 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di desa tersebut. Warga yang telah bersiap-siap untuk menggunakan hak pilihnya terpaksa harus menunggu. Bahkan, sebagian dari mereka memilih kembali ke rumahnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, Musa L Toekan membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya hingga kini 11 TPS di Kota Tual tidak memiliki surat suara sehingga warga belum bisa menggunakan hak pilihnya.

“Ya kami baru mendapatkan laporan dari sana ada sejumlah TPS yang belum mencoblos hingga saat ini, itu terjadi karena surat suara terlambat datang. Jadi kekurangannya sebanyak 2.300 surat suara,” ungkap Musa di Kantor Media Center KPU Maluku, Rabu siang.

Musa mengungkapkan, sebanyak 2.300 surat suara yang dibutuhkan di 11 TPS sejak pagi tadi telah diangkut dari Ambon dengan menggunakan pesawat Cassa milik TNI menuju Tual.

”Jadi kertas suaranya itu telah tiba di Tual sejak pukul 10.00 Wit tadi,” ungkapnya.

Musa pun meminta KPU setempat agar segera menyiapkan surat suara agar warga dapat menggunakan hak pilihnya segera.

Sementara itu, saat melakukan pemantauan di sejumlah TPS di Ambon, Gubernur Maluku, Said Assagaf, juga membenarkan adanya peristiwa tersebut.

”Di Tual ada warga yang belum bisa mencoblos karena ada kekurangan 2.300 suat suara tapi tadi pagi kekuarangan surat suara sudah dikirim ke sana jadi sudah bisa diatasi," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com