Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Tol Ungaran-Bawen Resmi Dibuka

Kompas.com - 04/04/2014, 03:46 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Hasil uji kelayakan oleh tim dari Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, dan Kepolisian atas Tol Semarang-Solo Sesi II Ungaran-Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menunjukkan bahwa ruas tol ini laik fungsi dan dapat dioperasikan.

Rencananya, Jumat (4/4/2014), Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan ruas tol ini. Sebelumnya, uji kelayakan atas ruas tol sepanjang 11,9 kilometer tersebut berlangsung selama satu bulan.

"Hasil uji laik fungsi sudah turun pada Rabu (2/4/2014) sore," kata Direktur Teknik dan Operasional Trans Marga Jateng (TMJ) Ari Nugroho, Kamis (3/4/2014). Pembukaan ini akan membawa ruas tol tersebut pada tahap uji coba.

Selama masa uji coba, belum ada tarif yang dikenakan. Besaran tarif untuk tol ini, imbuh Ari, masih dalam pembahasan di Kementerian Pekerjaan Umum.

Ari menginformasikan pula bahwa kerusakan struktur pendukung, antara lain tebing di bukit Lemah Ireng, Bawen, sudah diperbaiki. "Kerusakan sudah diperbaiki. Jadi, jalan tol dipastikan tidak mengganggu dan membahayakan keselamatan pemakai jalan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com