Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Ginan Kembali Jalani Operasi, Kali Ini Gastrostomi

Kompas.com - 02/04/2014, 16:57 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Bayi Ginan Septian Nugraha, akan kembali menjalani operasi lanjutan, Kamis (3/4/2014). Kepala Sub Bidang Humas dan Protokoler RSHS Bandung dr Nurul Wulandhani, menjelaskan, operasi yang akan dilakoni Ginan bernama gastrostomi. Operasi tersebut dilakukan untuk memasang selang di lambung anak ketiga dari pasangan Aep Supriatna dan Yani Mulyani itu.

"Kita pasang selang di lambungnya agar asupan nutrisinya bisa lebih baik," ujarnya saat ditemui di ruangannya, Rabu (2/4/2014).

Nurul menambahkan, meski berangsur membaik, sejak dilakukan operasi pemisahan, pemberian asupan nutrisi kepada Ginan belum maksimal. Pasalnya, selama ini Ginan hanya diberi asupan ASI melalui saluran pernapasan menggunakan selang sonde.

"Makin ke sini (dewasa), makin banyak asupannya. Jadi dengan pasang selang bisa lebih mudah lagi memberi asupan nutrisinya," ungkap Nurul.

Meski menurutnya operasi tersebut berjenis operasi sedang, ada syarat kondisi yang harus dipenuhi oleh bayi Ginan. Namun, Nurul memastikan, syarat-syarat yang harus dilakukan untuk menjalani operasi tersebut sudah dimiliki Ginan.

"Terakhir beratnya naik sampai 5 kilogram," tandasnya.

Sementara itu, ayah Ginan, Aep Supriatna, meminta doa agar operasi yang akan dijalani putranya berjalan lancar.

"Minta doanya sama semua, Mudah-mudahan lancar operasi Ginan, biar cepat sehat," katanya.

Seperti diberitakan, Ginan Septian Nugraha terlahir dengan kondisi conjoined twin parasitic atau kembar siam parasit. Saudara kembarnya yang memiliki bentuk tidak sempurna menempel dan keluar dari mulut bayi yang sehat. Dokter menyebut bayi parasit tersebut sebagai tumor epignathus teratoma. Bayi parasit tersebut berhasil dipisahkan setelah Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) melakukan operasi pemisahan mendadak (semicito) pada Rabu (25/9/2013) pukul 10.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com