Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Sekolah Diganti, Siswa SD Mogok Belajar

Kompas.com - 01/04/2014, 19:00 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com - Para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Wangkanapi Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), mogok belajar, Selasa (1/4/2014), karena protes dengan kebijakan Wali Kota Baubau yang telah melakukan mutasi terhadap Kepala sekolah SDN Wangkanapi kota Bauabu, Salihin S.Ag. Oleh karena itu, proses belajar mengajar terganggu.

Para siswa dan orangtua juga membentangkan spanduk penolakan di depan pagar sekolah dasar tersebut. Ketika melakukan pertemuan, perwakilan orang tua siswa dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Baubau, Masiri, siswa dan orangtua mengungkapkan kekesalannya atas pergantian kepala sekolah itu.

Menurut mereka, kepala sekolah lama, Salihin, merupakan sosok kepala sekolah yang baik dan berprestasi sehingga anak didiknya bisa mengikuti jejak kepala sekolah tersebut.

“Apa alasannya Wali Kota sampai menggantikan kepala sekolah, padahal dia orangnya baik dan penuh dedikasi,” tutur Yuli, orangtua siswa.

Menanggapi hal itu, Masiri mengatakan, pergantian ini merupakan promosi jabatan untuk Salihin dari kepala sekolah ke pengawas di dinas pendidikan.

“Sebenarnya pergantian kepala sekolah SD ini adalah prestasi, karena beliau mendapat promosi jabatan menjadi pengawas di dinas pendidikan. Jadi tidak perlu dipersoalkan bapak-bapak dan ibu-ibu,” terangnya.

Namun demikian, lanjut Masiri, pihaknya akan menyampaikan protes orangtua siswa ke Wali Kota untuk mencari solusi terbaik.  Mendengar kesimpulan rapat, para orang tuasiswa tak puas. Mereka mengancam akan melarang kepala sekolah yang baru untuk menginjakan kaki di sekolah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com