Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Ide Bandung Skywalk dari Hongkong

Kompas.com - 01/04/2014, 17:38 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan, pembangunan Bandung Skywalk tahap pertama yang akan menghubungkan Tamansari dan Cihampelas akan mulai dibangun pertengahan tahun 2014 ini. Menurutnya, ide tersebut diperolehnya dari Hongkong.

Emil, demikian Ridwan kamil disapa, mengatakan, penerapan skywalk di Hongkong telah terbukti mampu mengurangi kemacetan. Dia pun berharap hal serupa untuk wilayah Tamansari dan Cihampelas yang kerap dilanda kemacetan.

"Jadi ini idenya datang dari Hongkong. Di sana orang jalan kaki dari mana ke mana lewat jembatan," ujar Emil di Bandung, Selasa (1/4/2014).

Untuk rute Bandung Skywalk, Emil mengatakan jembatan yang akan menghubungkan Tamansari hingga Cihampelas itu akan melintasi Jalan Taman Hewan.

"Melipir jalan itu saja, Jalan Taman Hewan. Di bawah ada orang jalan kaki, di atasnya juga ada yang jalan kaki," tambahnya.

Selain skywalk, upaya lainnya untuk mengurangi kemacetan di dua wilayah tersebut adalah dengan membuat gedung khusus parkir. Emil menambahkan, gedung parkir tersebut akan berintegrasi dengan Bandung Skywalk.

"Jadi nanti yang mau ke Cihampelas, bisa parkir di Gedung Parkir Gelap Nyawang, lalu jalan kaki ke Cihampelas lewat Sky Walk," tuturnya.

Emil berharap dengan dibangunnya gedung parkir tersebut bisa mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh parkir liar. Pasalnya, banyak warga yang ingin berkunjung ke kebun binatang terpaksa memarkirkan kendaraannya di sepanjang Jalan Tamansari, seputaran ITB dan Jalan Dago.

"Jadi nanti semua yang parkir di Tamansari, Kebon Binatang, Ganesha, harus parkir di gedung parkir itu," ucapnya.

"Itu kan cukup luas lahannya. Nanti yang mau ke Cihampelas juga bisa parkir di situ terus jalan kaki lewat Skywalk," tambahnya kemudian.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah melakukan pertemuan dengan Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan (Pusjatan) guna membahas rencana pembangunan Bandung Skywalk tahun ini. Menurut Ridwan Kamil, Bandung Skywalk adalah jembatan panjang khusus pejalan kaki yang melayang di atas atau di sisi lain jalan raya.

"Masih dibicarakan teknisnya dengan Pusjatan. Diteliti dulu strukturnya yang cocok seperti apa," kata Ridwan Kamil di Cikutra, Sabtu (8/2/2014).

Dia menambahkan, tahun 2014 ini Bandung Skywalk tahap pertama akan terwujud. Meskipun demikian, dia belum bisa memastikan waktu pasti pembangunan tersebut. Emil berharap tahap pertama dari Tamansari ke arah Cihampelas bisa dimulai tahun ini. Pasalnya, dengan jalan ini, wisatawan yang mau ke Cihampelas tidak perlu membawa mobil atau sepeda motor.

"Tinggal parkir di Tamansari. Wisatawan jalan saja ke Cihampelas, berkegiatan. Pulangnya juga sama, naik jembatan kemudian dilanjutkan naik mobil dan sepeda motor," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com