Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengar Gemuruh Merapi, Warga Magelang Berhamburan

Kompas.com - 27/03/2014, 15:40 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com - Warga Dusun Kemiren, Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang mendengar suara gemuruh dari arah puncak Gunung Merapi pada Kamis (27/3/2014) sekitar pukul 13.05 WIB. Warga pun langsung berhamburan keluar rumah.

"Kami mendengar suara gemuruh kira-kira satu menit. Kami langsung keluar rumah, khawatir kalau terjadi gempa," ujar Suharno, salah satu warga setempat.

Menurut Suharno, suara gemuruh yang terdengar siang tadi mirip ketika erupsi Merapi 2010 lalu. Namun demikian, warga sudah terbiasa dan kembali beraktivitas seperti sediakala.

"Kami sudah biasa mendengar, setelah itu kami beraktivitas seperti biasanya," katanya.

Sementara itu, Petugas Pengamat Pos Merapi Babadan, Triyono menjelaskan, dari puncak Merapi memang sempat terjadi suara gemuruh beberapa menit. Kendati demikian, secara visual, Merapi dari Babadan yang berjarak sekitar 4,5 kilometer dari puncak Merapi belum terlihat karena tertutup kabut.

"Sampai saat ini, visual Merapi belum kelihatan, masih tertutup kabut. Kami belum bisa memastikan apakah ada abu yang turun ke wilayah Magelang," ungkap Triyono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com