Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Pengangkut Logistik Terguling di Cianjur

Kompas.com - 27/03/2014, 15:35 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Truk pengangkut logistik Pemilu 2014 terguling di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Diperkirakan, 200 kotak formulir pemilu rusak.

"Truk yang mengangkut formulir untuk KPU Kabupaten Cianjur ini terguling di daerah Cikundul, Jalan Jonggol. Kejadian pada pukul 04.00 WIB," ujar Manajer Program Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat Sunanto, di Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Ia mengatakan, informasi tersebut ia dapatkan dari Relawan JPPR di lokasi kecelakaan.

Menjelaskan hal tersebut, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyebut truk tersebut mengangkut formulir jenis form C, form D dan form DA untuk penghitungan suara calon anggota legislatif (caleg) DPR dan DPRD.

"Logistik yang diproduksi PT Sumber Bahagia Concern dengan distributor PT Pos Indonesia," kata Arief, di Gedung KPU, Jakarta Pusat.

Arief menjabarkan, ada 1.099 kotak formulir yang diangkut truk tersebut. Menurutnya, berdasarkan pemantauan KPU Kabupaten Cianjur, 70 persen logistik dalam truk tersebut mampu diselamatkan dan dalam kondisi yang baik sebagaimana yang diminta KPU.

"Perkiraan sekilas KPU Kabupaten Cianjur kemungkinan sekitar 80 persen dari total 1.099 kotak bisa diselamatkan. Sebanyak 20 persen atau sekitar 200 kotak yang diperkirakan rusak," katanya.

Dituturkannya, KPU sudah berkoordinasi dengan perusahaan pencetak untuk bersiap mengganti logistik yang rusak jika memang sudah ada kepastian terkait jumlah formulir yang rusak. Menurutnya, karena kecelakaan terjadi pada proses distribusi dari pabrik menuju KPU kabupaten/kota, maka setiap kerusakan logistik menjadi tanggung jawab perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com