Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surabaya Masuk Nominasi Kota Terbaik Dunia

Kompas.com - 27/03/2014, 15:28 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Tri Rismaharini pada 17 April nanti dijadwalkan melakukan presentasi pengelolaan Kota Surabaya di London, Inggris. Presentasi itu dilakukan karena Surabaya masuk ke nominasi kota terbaik dunia dalam hal pengelolaan lingkungan.

Wali Kota perempuan pertama Surabaya itu mengaku kaget atas undangan acara yang digelar oleh asosiasi kota-kota terbaik dunia yang bermarkas di London, Inggris, itu. Ini karena sebelumnya, dia tidak pernah merasa ada penilaian atau tamu khusus dari asosiasi tersebut. Untuk rencana itu, Risma mengaku sudah mempersiapkan presentasi khusus.

"Saya yakin Surabaya akan menjadi kota terbaik dunia karena presentasi yang disiapkan tidak pernah ada di kota-kota lain," kata Risma, Kamis (27/3/2014).

Presentasi itu seputar konsep pembangunan yang berwawasan lingkungan, pengelolaan lingkungan berbasis partisipasi aktif masyarakat, konsep taman kota, serta konsep pembenahan kebun binatang Surabaya yang dulu pernah jaya di era 70-an.

Wali Kota yang diusung PDI-P ini memang dinilai memiliki prestasi dalam memimpin Kota Surabaya. Tidak hanya tamu dari dalam negeri saja yang datang kepadanya sekadar ingin belajar pengelolaan tata kota, tetapi sejumlah lembaga internasional pun kerap bertandang ke kantornya untuk berdiskusi.

"Saya juga sering, loh, diundang presentasi oleh negara lain, tetapi saya tolak karena takut dimarahi warga Surabaya karena pasti dinilai 'ngelencer' terus," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com