Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Siapkan Warga Surabaya Jadi "Tuan" di Kotanya

Kompas.com - 27/03/2014, 14:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengaku tidak hanya menitikberatkan pembangunan Kota Pahlawan pada sisi infrastruktur semata. Namun, Risma mengimbanginya dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Saya minta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tidak hanya fokus membangun fisik, namun juga membangun kualitas SDM, agar warga bisa menikmati dan memanfaatkan pembangunan itu," kata Risma saat penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah 2015 di Bappeko Surabaya, Kamis (27/3/2014).

Selama ini, 80 persen usulan pembangunan yang disampaikan oleh warga, masih berupa usulan pembangunan fisik. Sehingga, pemkot harus mengimbangi aspirasi ini dengan  pembangunan SDM.

"Banyak cara membangun SDM warga, di antaranya kami beri beasiswa mahasiswa, sekolah perawat, bahkan sekolah pilot," ungkapknya.

Pembangunan SDM menjadi hal yang sangat mendesak dan penting, khususnya menjelang datangnya ASEAN Free Trade Area (AFTA) alias era perdagangan bebas ASEAN pada 2015.

Jika SDM warga kota tidak dapat bersaing dengan SDM luar negeri, maka dipastikan warga Surabaya tidak akan menjadi tuan dan nyonya di negeri sendiri.

Pemkot Surabaya saat ini sudah menyiapkan sejumlah layanan pendukung menjelang AFTA 2015. Selain pusat layanan bahasa di Komplek Balai Pemuda, juga layanan pendidikan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan layanan hak paten usaha produk maupun jasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com