Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Satinah, Charly "Setia Band" Juga Mengamen di Pesantren

Kompas.com - 26/03/2014, 21:01 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Vokalis Setia Band, Charly Van Houten membuktikan komitmennya untuk membantu meringankan beban denda yang harus dibayarkan tenaga kerja Satinah demi menghindari hukum pancung di Arab Saudi.

Charly melakukan penggalangan dana dengan "mengamen" di beberapa tempat. Salah satunya di Pesantren Queen Al Falah di Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (26/3/2014).

Di salah satu pesantren besar di Jawa Timur ini, Charly akan "manggung" di hadapan sekitar 1500 santri maupun warga sekitar. Sebuah panggung sederhana disiapkan untuk penggalangan dana itu.

"Ngamennya nanti akan dimulai jam 8 malam," kata Irul, salah satu pengurus pesantren ditemui Kompas.com di lokasi ngamen Charly, Rabu.

Umam menambahkan, kegiatan bertemakan "Save Satinah" tersebut murni merupakan aksi sosial dan digelar dalam bingkai rasa solidaritas sebagai sesama manusia maupun sesama warga negara.

Sebelumnya pada Selasa (25/3/2014), Charly mengamen di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Aksi itu dilakukan juga demi menambah uang diyat bagi pembebasan Satinah dari hukuman pancung.

Satinah binti Jumadi Ahmad saat ini masih berada di Arab Saudi. Warga Ungaran, Semarang itu divonis hukuman mati oleh pengadilan setempat pada 2010 atas kasus pembunuhan terhadap majikan perempuannya.

Upaya bebas dari hukuman itu dapat dilakukan dengan membayar diyat atau ganti rugi kematian kepada ahli waris korban. Dalam kasus ini, ahli waris korban menuntut ganti rugi sebesar Rp 21 miliar. Pemenuhan diyat inilah yang sedang diupayakan oleh berbagai kalangan dengan beragam cara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com