Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Didukung karena Dinilai Sudah Bikin Jakarta Berubah Lebih Baik

Kompas.com - 20/03/2014, 16:25 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA,KOMPAS.com — Sekitar 300 mahasiswa dan pemuda se-Yogyakarta yang tergabung dalam kelompok gerakan Aliansi Rakyat Merdeka (ARM) mendeklarasikan diri mendukung Joko Widodo menjadi presiden RI, Kamis (20/3/2014). Selain itu, para mahasiswa ini juga menyatakan siap memenangkan partai PDI-P dalam pemilu mendatang.

Ratusan mahasiswa yang mengikuti deklarasi mendukung PDI-P dan Jokowi antara lain berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Ahmad Dahlan, dan berbagai komunitas pemuda di Yogyakarta.

"Kami telah mengamati Jokowi selama di Solo dan Jakarta. Meski belum selesai, kami memandang Jokowi mampu mengubah Jakarta menjadi lebih baik," kata Ray Akbar, Koordinator Presidium ARM Yogyakarta, saat ditemui di Kafe Nusantara di Jalan Nologaten, Sleman.

Ray menegaskan, dukungan mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam ARM terhadap PDI-P dan Jokowi bukanlah tanpa alasan. Mereka menilai PDI-P sebagai partai salah satu yang siap dan berkomitmen tegas memperjuangkan kesejahteraan rakyat. PDI-P juga dinilai memperjuangkan apa yang pernah digagas oleh Bung Karno tentang Trisakti.

Sementara itu, Jokowi dinilai mempunyai rekam jejak yang cukup baik. Mantan Wali Kota Solo tersebut dinilai telah memberikan bukti nyata dengan mengubah Jakarta. Sikapnya sederhana, jujur, dan mau langsung turun ke bawah untuk mendengarkan kemauan rakyat.

"ARM siap berupaya sekaligus bertekad memenangkan PDI-P dan Jokowi dalam pemilu mendatang," ujarnya.

Ray Akbar menegaskan bahwa deklarasi ratusan mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam ARM di Yogyakarta tidak ditunggangi atau dipesan oleh PDI-P. Mahasiswa datang dan ikut dalam deklarasi atas dasar inisiatif kesadaran diri serta keinginan melihat perubahan yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com