Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap, Kampanye di Riau Pindah ke Ruangan Tertutup

Kompas.com - 14/03/2014, 22:19 WIB
Deytri Robekka Aritonang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat kabut asap menyelimuti sejumlah wilayah di Provinsi Riau, kampanye rapat umum terbuka di daerah itu terpaksa dipindahkan ke dalam ruangan pertemuan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap, pemerintah dapat segera membersihkan udara di daerah tersebut.

"Saya mengikuti berita dari sana, mereka menukar metode kampanye yang tadinya di ruang terbuka jadi di ruang tertutup," jelas Ketua KPU, Husni Kamil Manik di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (14/3/2014).

Menurutnya, perubahan lokasi kampanye terbuka membuat hotel dan gedung pertemuan kebanjiran pesanan baik oleh partai politik maupun perorangan (calon anggota DPD).

Ia mengatakan, belum ada komunikasi resmi antara KPU pusat dengan KPU Riau serta KPU kabupaten/kota di provinsi tersebut soal penyelenggaraan kampanye terbuka di sana. Namun demikian, kata dia, pembahasan informal sudah dilakukan secara lisan untuk mencari alternatif pelaksanaan kampanye.

"Secara informal sudah dilakukan komunikasi-komunikasi. Nanti juga akan buat kebijakan-kebijakan yang mengarah para plan B penyelenggaraan pemilu di sana," ujar Husni.

KPU masih berharap pemerintah dapat segera mengatasi bencana asap kabut dalam waktu dekat, terutama sebelum kampanye terbuka dimulai pada Minggu (16/3/2014).

"Kita tunggu. KPU berharap keadaan di sana bisa pulih," tutur mantan anggota KPU Sumatera Barat itu.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku telah menginstruksikan kembali jajaran pemerintah terkait agar segera melakukan operasi tanggap darurat untuk mengatasi kabut asap di Riau akibat pembakaran lahan.

"Malam ini saya telah instruksikan agar para menteri terkait segera lakukan operasi tanggap darurat dengan gunakan semua cara dan alat," kata SBY melalui akun Twitter @SBYudhoyono, Kamis (13/3/2013) malam.

Seperti diberitakan, pemerintah dinilai abai dan lalai mengatasi kabut asap di Riau. Warga memberi reaksi beragam dalam menyikapi bencana asap yang sudah mengganggu aktivitas mereka.

Dampak dari asap itu, di antaranya, peliburan sekolah, pembatalan penerbangan atau pengalihan pendaratan pesawat akibat kondisi jarak pandang yang pendek. Belum lagi, dampak asap terhadap kesehatan warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com