Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap dari Riau Selimuti Palembang

Kompas.com - 14/03/2014, 16:40 WIB
Haris Firdaus

Penulis

Sumber KOMPAS

PALEMBANG, KOMPAS.com – Kabut asap yang muncul karena kebakaran lahan di sejumlah wilayah di Sumatera, mulai berdampak ke Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Sejak dua hari terakhir, beberapa wilayah Palembang mulai diselumuti kabut asap. Berdasarkan pantauan Kompas.com, Jumat (15/3) siang, kabut asap terlihat cukup jelas di sekitar Jembatan Ampera.

Dari arah Jalan Sudirman menuju wilayah Jakabaring dan sebaliknya, terlihat asap tipis menyelimuti menara Jembatan Ampera. Saat melintas di atas jembatan itu, asap tipis juga tampak di sekitar perairan Sungai Musi.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Agus Santosa membenarkan adanya kabut asap. Dia menjelaskan, kabut asap itu merupakan kiriman dari wilayah tetangga Sumsel, seperti Riau dan Jambi.

“Sumber kabut asap kebanyakan dari wilayah luar yang mengalami kebakaran lahan karena titik api di Sumsel masih sedikit, baru sekitar 2 sampai 3 titik,” kata Agus.

Agus menjelaskan, kabut asap dari luar masuk ke Palembang karena terbawa angin yang saat ini bertiup dari arah timur laut dan utara ke selatan. Kecepatan angin saat ini masih normal, yakni belum melebihi 25 kilometer (km) per jam.

Sementara itu, jarak pandang di Palembang pada Jumat siang sekitar 6 km. Jarak pandang itu memang lebih pendek dibandingkan jika cuaca cerah tanpa kabut asap. Namun, aktivitas penerbangan dan kegiatan warga belum terganggu.

“Untuk Palembang, jarak pandang normal pada cuaca cerah sekitar 10 km,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber KOMPAS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com