Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telapak Kaki Bocah Ini Terlepas karena Membusuk

Kompas.com - 11/03/2014, 16:38 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
— Rienelda Christiani Ningrum (4) tidur telentang di lantai ruang tamu rumahnya di Jalan Gresik PPI I No 5, Surabaya. Kaki kanan dan kirinya terlihat membusuk tanpa telapak dan jari kaki. Anggota tubuhnya itu terlepas sedikit demi sedikit akibat membusuk.

Bocah perempuan putri pertama pasangan Firdaus (30) dan Rumiati (28) itu tidak seperti bocah seusianya yang setiap hari bermain penuh keceriaan. Elda, panggilan manisnya, hanya bermain sendiri dengan mainan yang bisa digunakannya sambil tidur.

Orangtua Elda sendiri belum tahu penyakit apa yang diderita putri kesayangannya itu. Yang pasti, awalnya Elda terjatuh dari sepeda akhir tahun lalu.

"Sempat dirawat di RSU dr Soetomo, tapi hanya seminggu. Kami bawa pulang karena tidak ada biaya," kata ibunda Elda, Rumiati, Selasa (11/3/2014).

Jangankan untuk mengobatkan putrinya, kata Rumiati, untuk makan sehari-hari saja dia mengaku kesulitan. Penghasilan dari suaminya yang berprofesi sebagai pedagang roti keliling dinilainya tidak cukup untuk menghidupi keluarga besarnya.

Di rumah tersebut, Elda tinggal bersama 14 anggota keluarga, lengkap dengan kakek, nenek, beserta sepupu-sepupunya. Sepulang dari rumah sakit, Elda diusahakan ke pengobatan alternatif. Sejak saat itu pula, kaki Elda bertambah parah, membusuk lalu menjalar hingga ke pangkal paha, bahkan mengeluarkan belatung dan menebarkan bau anyir.

Agar tidak menempel di alas lantai, di bagian bawah kaki Elda diberi daun. "Yang jelas kami tetap berusaha melalui jalur pengobatan alternatif, tidak sanggup jika menempuh cara medis, kecuali jika ada mukjizat dari Tuhan," ujar Rumiati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com