Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Pria Ini Bersisik Setelah Berobat ke Dukun

Kompas.com - 11/03/2014, 16:26 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis


BONE, KOMPAS.com
— Tawa (50), seorang petani asal Desa Massila, Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, tiba-tiba kulitnya bersisik dan berbau busuk setelah berobat ke dukun tradisional.

Lantaran terus mengeluarkan bau busuk, pria ini terpaksa menjalani perawatan khusus di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru.

Tawa mengaku tak menyangka jika penyakit gatal yang menyerang kulitnya akan berbuah fatal setelah berobat ke dukun.

Tawa mengaku menderita gatal-gatal sejak enam bulan yang lalu. Awalnya waktu itu ia mengira hanya menderita penyakit gatal biasa. Ia pun mencoba berobat ke dukun tradisional di kampungnya. Saat itu, ia diberi dua botol air minum dan dikonsumsi selama dua bulan.

Namun, penyakit gatalnya justru semakin parah, bahkan mulai memengaruhi bentuk kulitnya hingga bersisik. Petani ini pun mencoba berobat ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat, kemudian dirujuk ke RSUD Tenriawaru.

"Cuma gatal-gatal saja dan sekarang begini jadinya," kata Tawa sambil memperlihatkan seluruh badannya yang bersisik, Selasa (11/3/2014).

Di rumah sakit, Tawa menjalani perawatan khusus dari sejumlah dokter ahli kulit dan dirawat di ruang isolasi. Sejak dua hari terakhir, Tawa ditemani oleh istri dan dua orang anaknya.

Hingga saat ini, para dokter ahli belum mengetahui penyebab kulit Tawa hingga bersisik. "Dalam istilah medis, penyakit ini disebut istiosisi atau kulit bersisik, dan sampai sekarang ini para dokter ahli belum menemukan penyebab penyakit yang diderita sang pasien," tutur Ramly, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) RSUD Tenriawaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com