Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencuri di Masjid, Pria Ini Babak Belur Dihajar Warga

Kompas.com - 08/03/2014, 17:35 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Seorang pemuda berinisial AAE (31) warga Silale Lorong Gapura, Kecamatan Nusaniwe Ambon babak belur dikeroyok warga setelah tertangkap mencuri di Masjid Jami yang bersebelahan dengan Masjid Raya Alfatah Ambon, Sabtu (8/3/2014).

Kapolsek Sirimau AKP Sarah Lessil kepada Kompas.com membenarkan adanya peristiwa itu. Menurut Sarah pelaku melancarkan aksinya dengan cara berpura-pura menjadi jamaah masjid, namun saat sholat berlangsung pelaku langsung melancarkan aksinya.

“Dia (pelaku) ikut masuk ke dalam masjid dan berpura-pura sholat Dzuhur, namun saat sujud pelaku langsung menghilang dengan membawa tas salah satu jamaah yang sedang sholat,” kata Sarah.

Sarah mengatakan, saat akan hendak keluar, penjaga masjid memergoki pelaku dan langsung memberitahukan kepada jamaah masjid yang selesai sholat. Spontan aksi ini langsung menarik perhatian warga lainnya. Tas yang dicuri pelaku tersebut milik seorang pemuda yang sedang mengikuti seleksi calon tentara.

”Pelaku langsung dihajar. Beruntung ada sejumlah anggota brimob yang melintas di depan masjid langsung mengamankan pelaku dari amukan massa,” ujarnya.

Menurut Sarah, dari hasil penyelidikan sementara, pelaku sebelumnya juga pernah terlibat aksi pencurian yang sama di masjid. Hingga kini penyidik masih terus mendalami kasus pencurian itu karena dari pengakuan warga, barang-barang jamaah masjid kerap hilang saat sholat.

“Pelaku ini pernah melakukan hal yang sama sebelumnya. Dia ini memang spesialis pencuri di masjid. Kami juga mendapat informasi dari jamaah kalau sering terjadi kehilangan di masjid dan kemungkinan aksi itu dilakukan oleh komplotan pencuri,” ungkapnya.

Sarah mengatakan, saat ini pelaku masih berada di ruang tahanan Polsek Sirimau. Rencananya pemeriksaan masih akan terus dilakukan untuk mengidentifikasi dugaan pelaku pencurian lainnya yang kerap melancarkan aksi yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com