Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djoko Suyanto: Penembakan Caleg di Aceh Tak Ganggu Pemilu

Kompas.com - 04/03/2014, 15:19 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto memastikan, peristiwa penembakan calon anggota legislatif Partai Nasional Aceh (PNA) tidak akan mengganggu proses pemilu. Pasalnya, peristiwa penembakan hanya terjadi di Aceh.

"Nggaklah, ini kan hanya satu spot. Kalau itu terjadi di seluruh Indonesia, baru mengancam pemilu. Pemilu saja belum," ujar Djoko di kompleks kepresidenan, Selasa (4/3/2014).

Djoko mengatakan, hingga kini aparat kepolisian masih menelusuri pelaku penembakan itu. Djoko juga mengaku masih belum mengetahui motif dari penembakan tersebut. Dia pun menyatakan kepolisian belum akan menerapkan pengamanan khusus di kawasan Aceh.

"Jadi ini sedang diusut tidak boleh terjadi, di mana pun tidak boleh terjadi," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, insiden berdarah jelang pemilihan umum (Pemilu) kembali terjadi. Kali ini menimpa caleg DPRK Aceh Selatan daerah Pemilihan Sawang-Meukek, yang maju melalui jalur Partai Nasional Aceh (PNA).

Korban yang disebut-sebut bernama Faisal SE (40), warga Ujong Kareng, Kecamatan Sawang, tewas di tempat setelah diberondong dengan senjata laras panjang oleh orang tak dikenal. Peristiwa berdarah itu terjadi di kawasan Gonong Seumancang, Desa Ladang Tuha, Keucamatan Meukek, tepatnya di perbatasan Kecamatan Meukek-Kecamatan Labuhan Haji.

Ketika itu, korban yang menggunakan Honda Freed BK 1181 0N melaju ke daerah Blangpidie, Aceh Barat Daya, menuju Sawang, Aceh Selatan, sesampai di kawasan Gonong Seumancang, Desa Ladang Tuha, Keucamatan Meukek, korban langsung diberondong oleh pelaku yang diduga lebih dari satu orang. Polri menduga adanya motif politik dalam kasus penembakan calon legislatif tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com