Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertunda, Bandara Adisutjipto Dibuka Kembali Rabu Siang

Kompas.com - 18/02/2014, 23:54 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Antara
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta dijadwalkan akan kembali beroperasi, Rabu (19/2/2014). Pembukaan bandara ini mundur dari jadwal sebelumnya, setelah ditutup sejak Jumat (14/2/2014) karena ikut terdampak abu dari letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.

"Setelah dilakukan pembersihan dari abu vulkanik, direncanakan Rabu (19/2/2014) pukul 12.00 WIB Bandara Adisutjipto akan kembali dibuka," kata Kepala Otoritas Bandara Wilayah III Kementerian Perhubungan, Muhammad Alwi, di Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Selasa (18/2/2014). Dia menyampaikan hal itu seusai meninjau bandara itu.

Otoritas ini menangani Bandara Adisutjipto di Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta; Bandara Adi Soemarmo di Surakarta, Jawa Tengah; dan Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur. Alwi mengatakan begitu bandara dibuka kembali, semua maskapai penerbangan yang sempat tertahan di Bandara Adisutjipto diharuskan melengkapi seluruh prosedur pengecekan mesin.

"Pengecekan kondisi mesin dan seluruh perangkat pendukung pesawat harus dilakukan untuk dapat kembali beroperasi melayani penumpang," kata Alwi. Dia mengatakan peninjauan otoritasnya mencakup pemeriksaan atas kelayakan landasan pacu (runway) dan landangan ancang (taxiway) Bandara Adisutjipto. "Keduanya merupakan titik vital bandara," ujar dia.

Dalam peninjauan tersebut digelar juga pertemuan tertutup antara otoritas dengan pengelola bandara, perwakilan maskapai penerbangan, dan pihak terkait lain. Selain memutuskan waktu pembukaan kembali bandara, Alwi dalam rapat itu tegas meminta semua maskapai penerbangan yang pesawatnya sempat tertahan di bandar itu untuk mengecek mesin, mengganti filter, hingga memeriksa oli mesin pesawat, sebelum kembali terbang.

Selama penutupan akibat letusan Gunung Kelud ini, ada tiga maskapai penerbangan yang pesawatnya tertahan di bandara itu. Tiga maskapai tersebut adalah Garuda Indonesia, Wing Air, dan Citilink.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan EE Mangindaan sempat menyatakan bahwa Bandara Adisutjipto dan Bandara Adi Soemarmo akan dibuka kembali pada Selasa (18/2/2014) pagi. Penundaan pembukaan kembali dilakukan karena proses pembersihan Bandara Adisutjipto dari abu vulkanik Gunung Kelud belum rampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com