Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Vulkanik Rusak 17 Gedung Sekolah di Malang

Kompas.com - 17/02/2014, 15:44 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 17 gedung sekolah di tiga kecamatan di Kabupaten Malang, rusak parah, akibat abu vulkanik letusan Gunung Kelud, yang terjadi Kamis (14/2/2014). Sekolah-sekolah tersebut terdapat di tiga kecamatan, yakni Ngantang, Pujon dan Kasembon.

"Jumlah 17 gedung itu, yang rusak parah, ada ruang kelas, mushala, ruang guru, TK, SD dan SMP. Untuk SMA dan sederajat, masih belum terdata," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Budi Iswoyo, Senin (17/2/2014).

Budi mengaku tidak menerima surat resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan soal instruksi meliburkan sekolah terkait abu vulkanik.  "Tapi karena memang tak ada ruangan dan siswanya ikut mengungsi, harus diliburkan," ujar Budi.

Budi menjelaskan, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sudah melaporkan hal itu ke Kementerian Pendidikan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Pemerintah Kabupaten Malang.

"Ke Kementerian Pendidikan pusat, sudah saya laporkan via email. Ke Provinsi Jatim juga sudah saya laporkan. Kita tinggal menunggu dana tanggap darurat untuk memperbaiki," ungkapnya.

Jika sudah ada dana, tambah Budi, sekolah segera dibangun lagi agar aktivitas sekolah bisa berjalan normal. "Kita hanya pelaksana dan pengusul dana. Kebijakan apa kata pemerintah pusat dan daerah," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com