Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total Pengungsi Kelud Capai 87.629 Jiwa

Kompas.com - 17/02/2014, 13:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Jumlah pengungsi bencana letusan Gunung Kelud hingga Senin (17/2/2014) terus bertambah. Hingga pukul 10.45 WIB, jumlahnya sudah mencapai 87.629 jiwa.

Para pengungsi itu tersebar di 217 titik lokasi pengungsian. Dari data yang dicatat di Posko Induk Penanggulangan Bencana Gunung Kelud di Gedung Negara Grahadi Surabaya, para pengungsi itu tersebar di lima kabupaten di Jawa Timur, yakni Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Jombang.

"Data pengungsi di Kota batu dan Kabupaten Jombang adalah data terbaru yang baru masuk," kata Ketua Posko Induk Penanggulangan Bencana Gunung Kelud Akhmad Sukardi, Senin (17/2/2014).

Rinciannya, jumlah pengungsi di Kediri 39.018 orang, tersebar di 82 titik lokasi pengungsian, Kota Batu 14.559 orang (45 titik pengungsian), Blitar 8.193 orang (3 titik pengungsian), Malang 25.151 orang (81 titik titik pengungsian), dan Jombang 708 orang (6 titik pengungsian).

Dia mengaku terus meningkatkan koordinasi dengan kabupaten/kota untuk penanganan pengungsi, termasuk dalam hal penyaluran kebutuhan materi bagi pengungsi.

"Bersama sukarelawan serta sistem informasi yang kami bangun, kami juga berupaya mempertemukan keluarga yang terpisah," tambahnya.

Hari ini, menurut prakiraan BMKG, akan turun hujan di sekitar Gunung Kelud. Diperkirakan Gunung Kelud akan memuntahkan lahar dingin. Karena itu, BNPB mengimbau masyarakat agar waspada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com