Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengungsi Kelud Banyak yang Pulang, Relawan Kewalahan

Kompas.com - 15/02/2014, 16:56 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Banyak pengungsi erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, nekat pulang ke rumah masing-masing. Para sukarelawan kewalahan menghalau keinginan pengungsi itu.

Seperti disampaikan oleh Indri, sukarelawan di pos pengungsian Desa Brenggolo, Kecamatan Plosoklaten. Pada pos pengungsian ini ada sekitar 800 warga yang berasal dari Desa Sepawon di Kecamatan Plosoklaten.

"Kami sudah berupaya menghalau, tapi mereka nekat pulang. Sekarang tersisa hampir separuh," kata Indri pada Kompas.com, Sabtu (15/2/2014).

Menurutnya, pengungsi nekat pulang demi menengok kondisi rumah dan hewan ternak yang ditinggalkan mereka saat Kelud meletus.

Nanang, perangkat Desa Brenggolo mengatakan hal yang sama. Hanya saja, kata dia, para pengungsi yang pulang itu akan kembali lagi pada malam harinya. "Kalau malam tempatnya penuh," kata dia.

Sebelumnya, Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Gunung Kelud Kabupaten Kediri melarang pengungsi pulang karena situasi belum kondusif.

Jumlah pengungsi akibat erupsi Gunung Kelud pada Kamis (13/4/2014) mencapai 66.139 orang. Mereka berasal dari empat kecamatan, yaitu Kecamatan Puncu, Ngancar, Kepung dan Kecamatan Plosoklaten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com