Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Pasuruan Bagikan Ribuan Masker di 8 Kecamatan

Kompas.com - 14/02/2014, 15:49 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis


PASURUAN, KOMPAS.com — Letusan Gunung Kelud di Kediri berdampak hingga ke Kabupaten Pasuruan, Jawa timur. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan mencatat delapan kecamatan terkena hujan abu erupsi Gunung Kelud hingga siang tadi, Jumat (14/2/2014).

Delapan kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Purwosari, Purwodadi, Sukorejo, Pandaan, Prigen, Gempol, Beji, dan Bangil.

"Padahal, jika dihitung radius letusan Gunung Kelud berjarak 70 kilometer, dan ini sangat dirasakan warga di sini," ujar Yudha Tri Widya Sasongko, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan.

Untuk mengantisipasi bahaya abu erupsi tersebut, BPBD bekerja sama dengan perusahaan memberikan bantuan 17.000 masker. Sedangkan sebaran pembagiannya difokuskan pada titik keramaian, mulai dari pertigaan jalan, pasar, hingga sekolah.

"Khususnya mereka yang menggunakan motor atau yang aktivitas keluar rumah, tentu abu Gunung Kelud itu bisa mengganggu bagian pernapasan," tambahnya.

Sedangkan berdasarkan pantauan Kompas.com, meski abu erupsi sangat dirasakan warga, tetapi tidak sampai mengganggu aktivitas keseharian warga di Kabupaten Pasuruan. Misalnya, di Kecamatan Pandaan, di sepanjang jalan raya masih terlihat ramai dan sejumlah warga membersihkan rumah atau kendaraan mereka dari abu Kelud.

"Ya, memang di sini hujan abu dirasakan, tapi anak dan suami saya masih tetap sekolah dan bekerja seperti biasa," jelas Hj Nur Khiliq, warga Pandaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com