Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Blitar Tetap Bersih meski Kelud Meletus

Kompas.com - 14/02/2014, 10:36 WIB
BLITAR, KOMPAS.com — Kota Blitar tak terlalu terimbas meletusnya Gunung Kelud pada Kamis (13/2/2014) malam. Kota Blitar berjarak sekitar 35 kilometer arah selatan dari Gunung Kelud.

"Letusannya pun tidak terlalu terdengar dari kota. Saya tahu kalau Kelud meletus dari berita televisi, dan langsung naik ke lantai atas rumah. Di utara terlihat awan hitam. Sekitar setengah jam kemudian, awan hitam sudah menyebar dan menutupi langit Kota Blitar," aku Roland Stefanus, salah satu warga Kota Blitar.

Tak banyak terlihat jejak letusan Kelud di Kota Blitar. "Abunya tipis sekali, tidak sampai mengumpul, hanya berupa taburan-taburan putih tipis. Dilewati kendaraan beberapa kali, jalan langsung bersih lagi," tambah Roland.

"Dibandingkan dengan letusan pada 1990, ini jauh berbeda. Ketika itu tebal abu mencapai 10 hingga 12 sentimeter. Genting-genting harus diturunkan karena takut ambruk kelebihan berat. Kalau sekarang seperti tidak terjadi apa-apa."

Menurut Roland, letusan kali ini juga terbilang cukup mendadak. "Sekitar tanggal 8 Februari lalu statusnya Waspada, lalu berubah jadi Siaga, dan semalam sekitar jam 9 jadi Awas. Tak berapa lama kemudian meletus."

ROLAND STEFANUS Kawasan Kota Blitar tetap bersih setelah Gunung Kelud meletus.
Aktivitas pagi ini di Kota Blitar juga normal seperti biasa, seolah tidak ada kejadian besar pada malam harinya. "Semalam memang diumumkan kalau sekolah libur, untuk berjaga-jaga.  Mungkin sekolah dan beberapa instansi memang libur hari ini. Tetapi, banyak juga yang kerja seperti biasa," papar Roland.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com