Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Landasan Bandara Adi Sucipto Diselimuti Abu 6 Sentimeter

Kompas.com - 14/02/2014, 09:49 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA,KOMPAS.com
 — Abu vulkanik letusan Gunung Merapi yang megguyur Yogyakarta mulai pukul 02.50 WIB menutupi landasan pacu Bandara Internasional Adi Sucipto. Ketebalan abu vulkanik di landasan mencapai 2 cm sampai 6 cm.

"Sejak tadi pagi, abu vulkanik sudah mulai menutupi landasan bandara sehingga penerbangan harus ditutup," kata General Manager Angkasa Pura Airport Bandara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta, Andi G Wirson, saat ditemui di posko bandara, Jumat (14/2/2014) pagi.

Andi mengungkapkan, akibat tebalnya abu vulkanik letusan Gunung Kelud tersebut, landasan tidak bisa digunakan. "Ketebalan di landasan bervariasi, landasan pacu 6 cm, sedangkan di apron 2 cm," katanya.

Andi menjelaskan, abu vulkanik di landasan meski sedikit, sudah membahayakan penerbangan, apalagi dengan ketebalan yang mencapai 6 cm. Selain membuat lintasan licin, abu juga bisa masuk ke baling-baling dan mematikan mesin. "Harus bersih total, baru bisa digunakan. Tidak boleh ada sedikit pun abu vulkanik," ucapnya.

Hingga saat ini, petugas bandara masih berusaha membersihkan landasan dengan menyemprotkan air. Tampak juga mobil "swipper", yang berfungsi mengepel landasan, lalu lalang menghilangkan abu yang menempel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com