Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jusuf Kalla: Ada Hal Positif, tetapi Ada yang Perlu Perbaikan Juga di Penanganan Bencana

Kompas.com - 13/02/2014, 05:29 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Beragam bencana telah beberapa kali terjadi di Tanah Air dan penanganannya oleh pemerintah juga sudah dilakukan. Meski demikian, masih ada beberapa hal yang dinilai perlu dievaluasi agar penanganan bencana pada masa depan bisa lebih baik.

"(Penanganan bencana) tentu ada hal yang sangat positif, ada hal yang perlu diperbaiki," kata Kalla, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), saat meninjau kesiapan PMI menghadapi bencana letusan Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (12/2/2014).

Beberapa di antara hal yang harus ditingkatkan, sebut Kalla, adalah kesigapan dan ketepatan langkah penanggulangan korban bencana. Kalla juga melihat harus ada perbaikan lagi pada kesiapan pemenuhan kebutuhan dasar bagi pengungsi.

Kebutuhan itu misalnya penampungan, ketersediaan air, fasilitas mandi cuci kakus, makanan, maupun kesehatan. "Tapi, saya kira sudah dikerjakan dengan luar biasa oleh pemerintah," imbuhnya.

Sebelumnya, beberapa musikus mengkritik pemerintah yang dinilai lamban dalam penanganan bencana. Mereka menggelar konser untuk membantu meringankan beban para korban bencana erupsi Gunung Sinabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com