Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelud Berstatus Siaga, Kediri Punya "Buku Pintar" Kebencanaan

Kompas.com - 11/02/2014, 02:53 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com — Wakil Bupati Kediri Masykuri Iksan menyatakan Kabupaten Kediri, Jawa Timur, telah bersiap menghadapi beragam risiko jika aktivitas Gunung Kelud terus meningkat. Pemerintah daerah, ujar dia, juga telah menyiapkan skema penanganan bencana sebagai panduan menghadapi keadaan darurat.

"Rapat tadi pengecekan terakhir kesiapan segala bidang terhadap kemungkinan yang terjadi. Kami bayangkan seandainya (Gunung) Kelud meletus malam ini, apa yang (harus) mereka lakukan," kata Masykuri saat ditemui Kompas.com usai memimpin rapat di ruang Grahadi Pemkab Kediri, Senin (10/2/2014).

Hasil rapat itu, kata Masykuri, akan menjadi referensi utama bagi tiap lini yang terlibat dalam penanganan kebencanaan. Sifat skema yang cukup mendetail itulah yang kemudian disebutnya sebagai "buku pintar". "Isinya sudah bukan rencana biasa, tapi sudah rencana aksi. Menjadi buku pintar bagi kita semua."

Sebelumnya, Pusat Vulkonologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Kelud dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III), Senin (10/2/2014), sekitar pukul 16.00 WIB. Peningkatan status ini berselang satu pekan setelah peningkatan status Waspada untuk gunung yang mempunyai ketinggian 1.731 mdpl itu ditetapkan pada Minggu (2/2/2014).

Selama peningkatan aktivitas itu, Pemkab Kediri beberapa kali menggelar rapat koordinasi dengan para stakeholder. Mereka juga mematangkan rencana tersebut di lapangan, berupa pengecekan lokasi evakuasi maupun pengecekan kebutuhan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com