Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Tanah Terkupas, Listrik di Sebagian Balikpapan Padam 24 Jam

Kompas.com - 08/02/2014, 03:33 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Warga di sebagian kawasan Kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur, sempat merasakan black out lebih dari 24 jam sejak Kamis (6/2/2014) petang.

Hubungan singkat arus listrik pada jaringan kabel tanah di Gardu Induk Karang Joang (GI Karang Joang) di Kilometer 15 Balikpapan menjadi penyebabnya. Daerah-daerah yang sempat mengalami pemadaman total listrik antara lain Kilometer 2 hingga 4 Jalan Sukarno Hatta, Gunung Samarinda, Karang Rejo, Sumber Rejo, dan Jalan MT Haryono.

Bahkan, RSUD Dr Kanujoso Djatiwibowo hingga Kantor Polda Kaltim di Jalan Syarifuddin Yoes pun turut mengalami hal yang sama. "Gangguan pada saluran tegangan menengah dekat GI Karang Joang. Terjadi terminating pada sambungan antarkabel di situ," kata Humas PLN Kaltim, Imam Taufiq, Jumat (7/2/2014).

Pemadaman listrik memang bukan barang baru di Balikpapan. Namun, insiden ini menjadi kejutan untuk warga karena durasi waktu yang panjang, hingga lebih dari 24 jam. Biasanya, pemadaman hanya terjadi pada kisaran dua hingga tiga jam.

"Kami turunkan petugas teknis mendeteksi penyebab gangguan. Panjang kabel yang diperiksa mencapai 15 kilometer," kata Imam. Menurut dia, perbaikan tak butuh waktu lama, tetapi pelacakan lokasi pemicu hubungan singkat arus listrik yang memakan cukup banyak waktu. "(Lokasi) penyebab baru diketahui tadi siang (Jumat) pukul 11.15," kata dia.

Menurut Imam, petugas sudah melakukan perbaikan dan menormalisasi pasokan listrik untuk wilayah itu. Selain perbaikan, kata dia, petugas juga berupaya meminimalisasi wilayah yang masih belum dapat menerima pasokan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com