Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus "Kolor Ijo" Ditarik ke Polda Jatim

Kompas.com - 06/02/2014, 16:08 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Penanganan kasus kriminal Buasir Nur Khotib (50) atau yang populer dikenal sebagai "Kolor Ijo" ditarik ke Polda Jatim. Pelimpahan itu selain karena korbannya tersebar di sejumlah daerah, juga karena kasusnya menjadi atensi publik.

Menurut Kasubbid Penmas Polda Jatim, AKBP Bambang Tjahyo Bawono, Kapolda Jatim meminta kasus itu diungkap dan diproses. "Kapolda mengintruksikan agar kasus ini cepat dituntaskan, karena menjadi atensi publik," katanya, Kamis (6/2/2014).

Sejak Rabu (5/2/2014), Buasir dibawa ke Polda Jawa Timur di Surabaya untuk melanjutkan penyidikan karena penanganan perkara dan tersangkanya ditangani oleh Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim.

Diduga kuat, warga Desa Posangit Lor, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo ini beraksi di dua wilayah hukum, Polresta Probolinggo dan Polres Probolinggo. Setelah pemeriksaan selama lima hari, terungkap bahwa tersangka Buasir telah melakukan aksi pencurian di 43 lokasi berbeda, serta di 31 lokasi pemerkosaan sejak 2004 hingga 2014 dengan total 47 korban.

Namun sejauh ini baru ada empat korban yang bersedia melapor, sementara polisi berupaya melakukan pengembangan atas perkara ini.

Tersangka dijuluki Kolor Ijo karena dalam beraksi mengambil barang dan memperkosa korbannya, dia selalu mengenakan celana kolor pendek warna hijau. Buasir juga biasa melakukan ritual-ritual khusus sebelum beraksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com