Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Komodo Koleksi Kebun Binatang Surabaya Mati

Kompas.com - 01/02/2014, 12:50 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Satu lagi koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) mati. Setelah koleksi kijang betina ditemukan tewas di kandangnya Jumat (31/1/2014) kemarin, hari ini Sabtu (1/2/2014), giliran maut menjemput satwa jenis komodo.

Kematian reptil raksasa itu dibenarkan Humas KBS, Agus Supangkat. Kata dia, Komodo ditemukan mati oleh penjaga kandang sekitar pukul 11.00 WIB.

Agus mengaku belum dapat memberikan keterangan rinci, karena saat ini jasad komodo tersebut masih diotopsi. "Sekarang masih diotopsi, jadi masih dipelajari penyebab kematiannya," tambah Agus.

Kemarin, seekor Kijang Barking Deer (Muntiacus muntjak) mati di kandangnya. Hewan tersebut ditemukan dalam kondisi kejang-kejang dengan mulut mengeluarkan semacam busa. Kematian kijang yang sedang hamil itu dilaporkan pengunjung KBS yang melihat Kijang dalam kondisi kejang di kandang.

Dugaan sementara, kematian kijang karena keguguran, namun juga kemungkinan karena gangguan hormon atau pembuahan yang tidak normal. Hal ini dibuktikan adanya kerusakan pada janin dalam kandungan kijang betina itu berusia enam tahun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com