Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Korban Longsor Jombang Terkendala Cuaca

Kompas.com - 30/01/2014, 16:09 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


JOMBANG, KOMPAS.com — Pencarian korban longsor di Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, di hari ketiga, Kamis (30/1/2014) siang, kembali terkendala cuaca. Lokasi longsor diguyur hujan.

Pantauan Kompas.com di lapangan, hujan turun cukup deras. Air sungai yang berada di bawah lereng terlihat cukup deras dengan debit air meningkat dibanding hari sebelumnya. Di lokasi longsoran, tidak tampak adanya personel yang sedang bertugas mencari. Hanya tampak alat berat yang juga berhenti beroperasi. Hujan itu sekaligus memberikan waktu istirahat tambahan bagi para personel SAR.

"Jika hujan begini, kondisinya rawan longsor," kata seorang tentara yang turut menjadi tim pencari.

Dikonfirmasi sebelumnya, Kepala kantor SAR Kelas 2 A Surabaya, Sumpeno Yuwono, mengatakan, cuaca memang membuat proses evakuasi berjalan lambat. Hal ini karena lokasi longsor yang cukup curam dan kondisi tanah yang labil. Proses pencarian akhirnya kembali dilakukan sekitar pukul 15.00 WIB. Tampak alat berat sudah mulai beroperasi dan para personel lainnya juga melakukan pencarian secara manual.

Pada hari ketiga pencarian ini, petugas telah menemukan 5 dari 7 korban yang hilang tertimbun longsor yang terjadi pada Selasa (28/1/2014) lalu. Total korban ada 16 orang dengan rincian 2 korban selamat, 12 tewas, serta 2 lainnya masih dalam pencarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com