Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada WC, Korban Banjir Buang Hajat di Tempat Sepi

Kompas.com - 30/01/2014, 09:28 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Warga korban banjir di Manado mengeluhkan tidak adanya WC darurat yang dibangun pemerintah setelah wilayah mereka diterjang banjir bandang.

"WC kami tersumbat lumpur banjir dan tidak bisa dipakai lagi. Mau bagaimana lagi. Ya kalau sudah harus buang air besar, cari tempat sepi saja," ujar Rafles, warga Paal IV, Kecamatan Tikala, Kamis (30/1/2014).

Beberapa warga lain yang juga korban banjir mengeluhkan hal sama. Mereka mengaku kesulitan saat hendak buang hajat.

Kini, di berbagai wilayah yang diterjang banjir memang tidak tersedia WC darurat. "Kalau masih bisa tahan, kadang kala harus pinjam WC rumah orang. Cuma kan malu kalau tiap hari harus pinjam, mana jauh lagi," keluh Pingkan, warga Ternate Tanjung, Kecamatan Singkil.

Banjir bandang yang menerjang Manado pada Rabu (15/1/2014) memang memorakporandakan sebagian besar wilayah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara itu.

Berbagai fasilitas publik, infrastruktur, dan rumah warga ikut hancur akibat terjangan banjir terparah selama ini. Lumpur serta sampah yang ikut dibawa banjir lebih memperparah kondisi warga. Sudah dua pekan banjir berlalu, sebagian besar lumpur dan sampah belum bisa teratasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com