Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Bencana, Bupati Jombang Minta Galakkan Reboisasi

Kompas.com - 28/01/2014, 23:06 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

JOMBANG, KOMPAS.com - Bupati Jombang, Jawa Timur, Nyono Suharli mengajak masyarakat meningkatkan reboisasi untuk menghindari terjadinya bencana banjir maupun tanah longsor. Selama ini, kata Bupati, pihaknya sudah mulai menggerakkan penghijauan melalui program penanaman satu miliar pohon.

"Termasuk kita imbaukan di sini untuk melakukan hal yang sama," kata Bupati saat meninjau lokasi tanah longsor di Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Selasa (28/1/2014).

Bupati juga mencatat adanya lima kecamatan di wilayahnya yang masuk dalam kategori rawan bencana. Di antaranya Sumobito, Mojoagung, Bareng, Pandaan, serta Wonosalam. Peristiwa tanah longsor yang terjadi diwilayah Kopen, menurut Bupati, murni karena bencana alam. Sebab, sehari sebelumnya terjadi hujan yang cukup panjang. "Kemarin ini hujan mulai siang jam empat sampai pukul setengah satu," katanya.

Penanganan pascabencana, kata Nyono, masih akan dibicarakan dengan satuan terkait serta masyarakat korban longsor. Hanya saja, sebagai langkah awal, pihaknya akan memberikan bantuan sebesar Rp 10 juta kepada setiap kepala keluarga.

Sebelumnya diberitakan, bencana longsor yang terjadi dini hari tadi menyebabkan 5 rumah tertimbun tanah dan menyebabkan 16 orang menjadi korban. Dari jumlah korban itu, 2 orang ditemukan selamat, 7 orang tewas, serta 7 lainnya diduga masih tertimbun longsor.

Malam ini pencarian oleh tim SAR dihentikan sementara karena lokasi yang gelap gulita serta cuaca tidak mendukung karena hujan. Pencarian akan kembali dilakukan besok pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com