Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Berlubang, Pantura Kendal Macet

Kompas.com - 28/01/2014, 17:28 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com
- Jalan Pantura, Kendal, Jawa Tengah, mulai macet. Kemacetan dikarenakan jalan rusak. Pengemudi lebih memilih memperlambat kendaraannya sehingga terjadi antrean dan menimbulkan kemacetan.

Beberapa titik jalan Pantura yang kini sudah mulai macet di antaranya jalan raya Pantura Brangsong, Pemuda, Soekarno-Hatta dan jalan Pramuka. Menurut salah satu pengemudi truk, Rohmad (48), asal Bogor, antrean mendekati kemacetan hampir sepanjang perjalanan. Namun untuk Pantura, Kendal, mulai telihat di Cepring hingga Kaliwungu. Penyebabnya, karena pengemudi memperlambat kendaraannya saat melewati jalan berlubang.

“Kalau dipaksakan, per atau as truk atau mobil bisa patah. Bisa-bisa mobil malah mengguling,” kata Rohmad, Selasa (28/1/2014).

Rohmad menambahkan, akibat antrean kendaraan ini membuat jarak tempuh Weleri ke Kaliwungu juga kian lama. Biasanya, jarak dua kota itu hanya bisa ditempuh paling lama 30 menit, kini karena jalan rusak, bisa mencapai 1 jam lebih. “Lubang jalan di Pantura Kendal ini besar-besar,” jelasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kendal, AKP Christian Aer sebelumnya pernah mengatakan bahwa lubang jalan di Pantura Kendal hampir merata. Untuk menghindari kecelakaan, pihaknya telah memasang blok dari plastik dan poster bertuliskan peringatan bahaya lubang jalan.

“Blok dan tulisan peringatan dipasang di pinggir jalan yang rusak parah. Semuanya ada 15 titik,” kata Christian.

Selain itu, lanjut Christian, pihaknya juga menempatkan anggotanya di tempat-tempat khusus, supaya tidak sampai terjadi kemacetan panjang. Dari pengamatan Kompas.com, beberapa truk gandeng dan trailer, terpaksa menepi karena as rodanya dan pernya patah akibat lubang jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com