Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa, Kaca Gedung di Tasikmalaya Pecah

Kompas.com - 25/01/2014, 13:28 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ratusan warga di Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, berhamburan ke luar gedung desa akibat goncangan gempa, saat tengah menghadiri acara yang diadakan anggota DPR RI, Budiman Sujatmiko dan Nu'man Abdul Hakim, Sabtu (25/1/2014). Warga semakin panik setelah melihat beberapa kaca gedung pecah.

"Saya takut jadi ke luar semua, soalnya ada pecahan kaca dari bagian atas gedung saat terjadi gempa," jelas Asep, salah seorang warga yang berada di dalam gedung.

Pasca gempa, acara yang tengah berlangsung pun dibubarkan karena khawatir akan ada gempa susulan. 

Kepala Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya Kundang Sodikin mengatakan, meski pusat gempa terjadi di wilayah Kebumen, pihaknya dalam posisi siaga. Sebab, kata Kundang, beberapa wilayah Tasikmalaya termasuk rawan bencana.

"Kami siaga soalnya gempa di Tasik terasa besar, tapi sampai sekarang belum ada laporan kerusakan," kata Kundang.

Sementara, Kasat Polair Polres Tasikmalaya AKP Komarudin menyatakan, saat terjadi gempa, ada peningkatan gelombang di sekitar Pantai Cipatujah, Tasikmalaya Selatan. Namun, pergerakannya tak lama dan hanya beberapa detik.

"Kalau riak air sempat meningkat tadi saat gempa. Tapi hanya beberapa detik. Sampai sekarang belum ada laporan kerusakan dari wilayah pesisir Selatan Tasikmalaya," katanya.

Sesuai data dari BMKG, gempa terjadi di 104 kilometer Barat Daya Kebumen, Jawa Tengah. Kedalaman gempa 48 kilometer dengan kekuatan 6,5 Skala Richter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com