Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Melaut, Nelayan Kendal Gadaikan Barang untuk Makan

Kompas.com - 20/01/2014, 17:27 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com
 — Ratusan nelayan Rowosari, Kendal, Jawa Tengah, sudah seminggu ini tidak melaut karena cuaca buruk disertai gelombang yang tinggi.

Wakil Ketua Kelompok Nelayan Wilujeng Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Sugeng, mengatakan, karena tidak bisa melaut, nelayan akhirnya menjual dan menggadaikan barang-barangnya yang ada di rumah.

"Mereka menjual dan menggadaikan barang-barang di rumah untuk kebutuhan makan sehari-hari," kata Sugeng, Senin (20/1/2014).

Sugeng menjelaskan, sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah untuk para nelayan. Padahal, ada di antara nelayan yang kesulitan membeli beras karena tidak memiliki barang berharga yang ia jual atau gadaikan. "Kami berharap segera ada bantuan dari pemerintah daerah," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gempolsewu Heri Mardiyanto menambahkan, sebagian besar nelayan yang ada di wilayahnya sudah tidak melaut karena cuaca buruk. Ombak di pantai mencapai tiga meter. "Ombak setinggi itu sangat membahayakan keselamatan perahu nelayan," kata Heri.

Heri menjelaskan, selama beristirahat, para nelayan memanfaatkan waktu dengan memperbaiki kerusakan jaring dan bagian-bagian perahu. "Kemungkinan cuaca buruk baru berakhir pada bulan Maret mendatang," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com