Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Amankan Dua Benda yang Diduga Kotak Hitam Pesawat

Kompas.com - 20/01/2014, 15:26 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com — Pihak kepolisian mengamankan benda yang diduga merupakan kotak hitam dari pesawat Pilatus PK-IWT yang jatuh di Tual, Maluku, Minggu (19/1/2014). Benda berbentuk kotak itu diamankan ke kantor Polres Maluku Tenggara.

Komandan Lapangan Udara Dumatubun Langgur Letkol (Penerbangan) Ketut Adhyasa, yang dihubungi Kompas.com dari Ambon, Senin (20/1/2014), membenarkan temuan benda itu.

"Benar sekali ada dua kotak yang ditemukan dan saat ini sudah diamankan ke kantor Polres. Dua kotak itu ditemukan di bagian belakang ekor pesawat. Semua pesawat, khususnya pesawat komersial, itu harusnya memiliki kotak hitam," kata Adhyasa.

Dia menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan kalau benda yang diamankan tersebut adalah kotak hitam dari pesawat tersebut. "Nanti tunggu saja tim identifikasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Mereka yang akan mengidentifikasi dan akan memastikan apakah itu kotak hitam ataukah bukan," jelas Adhyasa.

Kapolres Maluku Tenggara AKBP Irot Riki Laurent yang dihubungi terpisah menjelaskan, diamankannya kedua benda itu atas permintaan dari pihak Lanud Langgur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com