Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertimbun di Jurang, Korban Longsor Tomohon Sulit Diangkat

Kompas.com - 20/01/2014, 12:32 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Tim penolong dari aparat TNI/Polri mengalami kesulitan mengangkat korban longsor di ruas Tomohon-Manado, titik Tambulinas, Kelurahan Tinoor, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, karena medan yang sulit.

"Kami tidak mungkin menurunkan alat berat ke dasar jurang karena khawatir justru akan meruntuhkan timbunan lain," kata Komandan Korem (Danrem) 131/ Santiago Brigjen TNI Musa Bangun di Manado, Senin (20/1/2014).

Cuaca yang tidak menentu juga menghambat kelanjutan pencarian korban yang diduga berjumlah belasan orang yang ikut terseret longsor pada saat berteduh.

"Aparat TNI akan tetap siap sampai kapan pun, tidak ada batasan. TNI mengerahkan seribu personel di semua lokasi bencana yanga ada di Sulawesi Utara, termasuk di Tomohon," katanya.

Sulitnya medan evakuasi juga dibenarkan Kepala Seksi Potensi, Badan SAR Nasional Manado, Muslimin, yang juga dipercaya sebagai perwira operasi pencarian korban di ruas Tomohon-Manado.

Menurut dia, Basarnas dibantu aparat TNI/Polri, personel Pemerintah Kota Tomohon yang dibantu masyarakat hanya menggunakan peralatan manual seperti sekop dan cangkul, karena alat berat tidak bisa diturunkan ke dasar jurang karena medan curam.

"Kami memaksimalkan dengan peralatan seadanya dibantu dengan beberapa alkon yang tersedia," katanya.

Di titik longsor Tambulinas, diduga masih menimbun belasan orang yang pada waktu itu berteduh dan tersendat akibat ruas jalan di depan mereka longsor dan putus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com