Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Dua Desa Tawuran di Ambon, Satu Rumah Dirusak

Kompas.com - 14/01/2014, 18:11 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Warga Desa Laha dan Tawiri di Kecamatan Teluk Ambon, Maluku, terlibat tawuran, Selasa (14/1/2014) sekitar pukul 13.40 WIT. Sebuah rumah milik warga dan dua sepeda motor rusak akibat amuk massa.

Kepala Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease Ajun Komisaris Besar Bintang Juliana kepada wartawan mengatakan, aksi tawuran ini bermula ketika Kepala Desa Laha bersama sejumlah perangkat desa sedang melakukan pengukuran tanah di Dusun Wailawa. Namun, kegiatan itu dihadang oleh warga Desa Tawiri.

"Ada yang tidak kenal Kepala desa Laha sehingga mereka mengangkat parang. Kepala Desa Laha lalu memanggil warganya dan terjadilah aksi tawuran itu," kata Bintang.

Warga kemudian saling serang dengan menggunakan batu. Dua sepeda motor milik warga dibakar.

Untuk mengantisipasi tawuran lebih membesar, dua satuan setingkat pelton (SST) Sabhara dan satu peleton Satgas TNI 643 telah diterjunkan ke lokasi dan menyekat kedua warga desa. Bintang mengatakan, setelah berhasil meredam emosi kedua warga desa, aparat TNI dan polisi langsung memediasi kedua warga desa tersebut. "Saat ini kondisi kedua desa sudah kondusif lagi," ujar dia.

Dalam mediasi itu, disepakati bahwa persoalan tersebut akan diselesaikan secara kekeluargaan. Adapun warga yang mengalami kerugian akibat tawuran tersebut akan mendapatkan ganti rugi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com